Minggu, 29 Maret 2009

Resensi Film Modren Times

Modern Times adalah film komedi tahun 1936 yang dibintangi oleh Charles (Charlie) Chaplin yang ikonik dengan tokoh “Little Tramp” pada film tersebut. Film ini berkisah tentang seorang buruh yang berjuang untuk hidup di era modern yang sudah banyak menggunakan tenaga-tenaga mesin (dunia industri) dibanding tenaga manusia. Film ini sebagai wujud argumentasi dari keadaan depresi para pekerja dan kondisi keuangan yang dihadapi banyak orang akibat krisis besar. Kondisi dan keadaan pada film ini ditarik dari sudut pandang Chaplin sebagain gambaran dari industrialisasi modern.
Pada film ini, Charles Chaplin berperan sebagai seorang buruh pabrik yang bekerja tanpa istirahat. Beberapa usaha dijalaninya untuk bias bekerja dan menghasilkan pendapatan hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang gadis yatim piatu (Gamine) yang menjadi buronan polisi karena sering mencuri makanan. Bersama sang gadis, Chaplin kemudian menjalani hidupnya yang sederhana, dengan tetap mencari pekerjaan untuk bertahan hidup. Pada akhirnya, mereka tetap bersama menempuh hidup menuju harapan yang cerah
Modern Times diakui Chaplin sebagai salah satu prestasi dan menjadi salah satu film yang paling populer. Ini adalah film pertama dari Chaplin yang secara terang-terangan menggarap politik sebagai tema dan memberi gambaran tentang kondisi masyarakat yang sesungguhnya pada masa itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar