Minggu, 29 Maret 2009

Art and Craft Movement

Gerakan seni dan kriya atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai art and craft movement adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.
American arts and crafts movement pada awal tahun1900an telah berkembang di eropa dimana seni ini bermulai sebagai revolusi melawan konsekuensi sosial dari revolusi industri dikalangan pekerja.
Pemimpin revormasi sosial meliputi designer William Morris, berpengaruh dalam menciptakan estetik baru yang menekankan pada fungsi dan keindahan dari gaya era Victorian. Semangan mereka dalam desain yang bagus terlihat dari konsep mereka dalam kehidupan sosial. Barang-barang manufaktur pada masa itu cenderung berkualitas rendah. Pekerja pabrik dipaksa bekerja dalam kondisi yang brutal. Para revolusiawan memiliki tujuan untuk membangkitkan kembali dari kerajinan tangan tersebut. Kualitas hidup individual pun akan membaik dengan digantikannya hasil-hasil kerajinan tangan yang berkualitas baik.
Arts and crafts style dikenal juga di amerika sebagai mission style,sebagai hasilnya perabotan rumah tangga yang berfungsi dengan baik. Masa “mission style” terliaht pada pengaruh furnishing tradisional dan desain interior pada bagian amerika selatan yang menggabungkan Hispanic elements dengan mission awal dan arsitektur spanyol dan desain amerika native.
L. & J.G. Stickley Company di new york merupakan salah satu dari pabrik yang pertama kali memproduksi arts and crafts furniture,membantu filosofi prgerakan di amerika. Perusahaan itu dikembangkan oleh Leopold bersaudara dan John George Stickley, membuat gaya perabotan mission yang kita dapat lihat pada abad ini.


contoh karya Art and Craft Movement









Tidak ada komentar:

Posting Komentar